WIJAYA KUSUMA LEADING DI DUA KELAS, tommy hadi podium 2, BROER p4 DAN FAUZAN 4 j3

dengan menggunakan 2 kendaraan suzuki jimny dan sx4 menjuarai tj lesung sprint rally

TANJUNG LESUNG FORTUNA SPRINT RALLY SERIE 1

GAZPOLL MENOREH HASIL LUMAYAN

Kejurnas Tropical Sprint Rally 2021 telah dilangsungkan seri perdananya di kawasan Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten dengan sukses dan seru, Minggu (10/04).

Para pembalap harus menghadapi sirkuit yang didominasi oleh pasir, lumpur dan batu di kawasan tersebut. sebanyak 12 kelas balap diperlombakan di seri perdana Kejurnas sprint rally tahun ini.

Team Gazpoll rally team yang dikomandoi Tommy Hadi menurunkan 12 mobil diantaranya Chepot Haniwiano, Dolly Indra Nasution, Herry Thaib,Eko Luriyanto, , Irwan Rahim, Broer, Fauzan, Refly, Alit, Rudy Rusbiandini, Haji Arief, Wijaya Kusuma S yang turun dua kelas dan Bos Tommy Hadi sendiri. Total peserta sejumlah 92 kendaraan yang ikut berlomba.  Suatu record akan hausnya olah raga rally yang sekian lama vakum karena pandemik Covid 19.  Acara ini dilakukan dengan full protocol COVID 19 bahkan peserta maupun penonton wajib melakukan swab.

Team ini di komandani oleh manajer lapangan Gazpoll Racing Team Ervin ‘Pipink’ Maladjong. Hujan turun tiada henti saat malam Jumat membuat Sprint rally SS1 dipindah ke hari minggu  (11/4) sehingga kita hanya melakoni SS 2 yang dilaksanakan siang hari Sabtu. Jadi 1 SS di Sabtu dan 3 SS di Minggu. Hujan turun memgakibatkan banyaknya mobil peserta DNF karena nyemplung kesawah, kepater dan mogok.  Wijaya Kusuma dengan mesin standar M16A hanya ditambah maxx Ecu mencoba mengambil kesempatan ini. Mantan offroader dan Pendiri IOF senang dengan turunnya hujan. Apalagi mobil yang di Tune oleh Sandy Arkie Samoedra sangat sempurna dan kali ini dia jadi navigator untuk pertama kalinya. Kesempurnaan mobil ditambah dengan suspensi coil overshock produksi Profender Stride Pratama Indonesia Bandung sehingga jalan terasa rata. SS 2 Wijaya Kusuma meninggalkan lawan 9 detik melawan mas Komeng {Bambang Ismoeyono} Perally Seeded B yang menggunakan jazz dan kami juga meninggalkan brata yang pake Proton. SS 1 yang dilaksanakan esoknya meninggalkan lawan 1 detik. SS 3 kembali sy tinggal 8 detik. SS 4 wijaya kusuma mencoba mengejar posisi 1 group F. Tetapi karena banyaknya mobil melintang mengganggu jalannya kendaraan. Di hairpin airport tersisa jalan hanya 2 meter karena tertutupi mobil jazz yang terpater  ditengah jalan.  Wijaya Kusuma mencoba ambil sebelah dalam yang ternyata harus melewati tanggul akibatnya mobil terpaksa terbang dengan dua roda mengangkat. Hampir terbalik, beruntung secara cepat dia berhasil kounter dan mobil mendarat dengan selamat. Cukup kehilangan waktu mungkin sekitar 30 detik disini namun perolehan waktu masih lumayan bagus.

BACA  Ini Hasil Lengkap Kejurnas Sprint Reli Muara Bungo Ronde 4
Wijaya Kusuma dengan mengendarai SX4 mencatat perolehan total waktu 11.07 meninggalkan lawan 1 menit 42 detik diurutan kedua. Sedangkan Jimny Wide CC bertanding dikelas Jeep 4×4 2500 cc meninggalkan lawan 33 detik diurutan kedua. 
 
Jimny Wide ini pernah dipake untuk kejuaraan AXCR Asia Cross Country lalu dan sudah 2 tahun tidak jalan. Dia iseng nyoba di medan ini. Ternyata masih bisa bersaing melawan UTV Polaris dan mobil turbular yang sebenarnya berbeda secara spek suspensi.
 
Bos Tommy Hady hadi sendiri bertarung dikelas R1 dan memperoleh hasil lumayan dimana awalnya diumumkan ke 1 namun akhirnya terpaksa mundur jadi ke 2. 
Ada regulasi yang mengganjal dimana bila peserta DNF (Did Not Finish) maka total waktu SS tersebut diambil waktu yang tercepat. Hal ini tentunya merugikan peserta yang benar benar berjuang dan menjaga mobilnya hingga finish. Peserta DNF masih bisa juara kalau dia mempunyai waktu baik di SS lainnya, sehingga dia bisa memperbaiki waktu di SS lain atau menabung waktu di SS sebelumnya. Kalau mengacu ke Regulasi IMI maka aturannya adalah sebagai berikut 45.1.1.1  Peserta yang tidak menyelesaikan/menjalani SS,  hukuman waktu peserta
tersebut adalah waktu tempuh peserta lain yang tercepat di kelasnya ditambah 3 menit.  Aturan ini membuat ketidak puasan peserta yang sudah berjuang maksimal untuk finish karena ternyata yang tidak finish pun bisa menang, Regulasi ini sedikit berbeda dengan regulasi FIA dimana DNF dianggap tidak finish atau retirement adalah waktu tercepat ditambah 10 menit.  Re : Regulation Rally 2021 FIA  54.2.1 Restart after retirement. 
Biarlah ini menjadi PR para pengurus IMI nantinya.
 
Kembali ke Gazpoll Rally team. Irwan Rahim yang seharusnya ke satu  terpaksa berhenti karena mobilnya digunakan dua kali bersama chepot dan menyemplung ke sawah sehingga kesempatan kedua di gunakan oleh Irwan menjadi hilang.
 
Hasil lengkap team Gazzpoll adalah sebagai berikut :

 

  1.  Podium 1 ♡ Wijaya Kusuma Subroto/ Yasin Fadilah  => Kelas J2 (Jeep max 2500 Cc)
  2. Podium 1 ♡ Wijaya Kusuma Subroto + Sandi AS => Kelas F2 (FWD max 1600 Cc)
  3. Podium 2  ♡ Tomi Hadi/ Yudhi Babal => Kelas R1 (RWD max 1600 Cc) 
  4. Podium 4 ♡ Broer/ Johanry Limbong => Kelas R2 (RWD max 2000 Cc).
  5. Podium 5 ♡ 1). Fauzan Susanto + Febrian Pasha => Kelas J3 (Jeep 2500 Cc up)
BACA  Sirkut Muara Bungo permanen dan pertama di Indonesia
 
Selamat & sukses selalu utk peraih podium, semoga di Kejurnas Sprint Rally berikutnya kami mampu meraih prestasi yg lebih baik lagi, Gazpooolll…🏁😍🎖🏆😎🇮🇩
OSAKA JLC - ORD SUZUKI RACING TEAM
Send via WhatsApp