Menangani mobil terkena banjir
Suzuki Ertiga Menerjang Banjir

Menangani mobil terkena banjir

Banjir besar melanda sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Rabu (1/1/2020) . Hal ini membuat para pemilik mobil was was, ada yang takut hanyut ada yang tergenang dan masalahnya, air yang datang secara tiba-tiba pada pukul 02.00 dini hari pada hari Rabu membuat pemilik kendaraan tidak sempat memindahkan mobil nya keposisi yang lebih tinggi.

Kami dari Suzuki Motorsport ingin berbagi tips cara mengatasi kendaraan yang terendam banjir dengan biaya sehemat mungkin, khususnya Mobil dengan Transmisi Otomatis:

1. Kalau banjir sudah melebihi ban mobil anda maka mobil perlu di bawa kebengkel. Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Dorong dan keluarkan mobil anda dari lokasi banjir sesegera mungkin. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah

2. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper battery

3. Lepas konektor battery di kutub negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan yang mungkin saja bisa merembet kemana mana

4. Sesegera mungkin dibawa ke Bengkel Suzuki terdekat dengan towing dan Jangan mencoba untuk menangani atau menghidupkan sendiri, karena Mobil matik sepenuhnya dikendalikan oleh sistem elektrik. Penanganan awal yang salah, bisa membuat kerusakan meluas dan parah.

Kalau mencari bengkel lain boleh boleh saja tetapi pastikan bahwa montir benar-benar profesional. Pastikan bengkelnya mempunyai perlengkapan bengkel yang lengkap seperti misalnya tools set, alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan engine scan tool  dan alat lainnya.

Dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matik Anda bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.

ECU (engine control unit)

Pastikan ketinggian air yang mengenai kendaraan anda, Kalau air melebihi setengah ban maka anda perlu periksa apakah ECU kendaraan dalam keadaan kering atau basah. Apalagi jika tinggi rendaman mencapai bagian mesin, maka anda segera harus bawa ke bengkel. ECU (Electronic Control Unit adalah komponen penting) yang merupakan alat vitalnya mobil Karena pengendalian kerja seluruh komponen kendaraan ini dikontrol dari sini.

BACA  8 kerusakan yang harus dibawa ke bengkel

Posisi ECU untuk suzuki ertiga di dalam kap, persis di atas ban sebelah kanan. Selain ECU, sistem kelistrikan juga berpotensi rusak jika mobil sampai terendam banjir  Lantas, apa yang harus dilakukan jika ini terjadi?

Yang Harus Dilakukan

Menurut WIjaya Kusuma S, Pembalap Nasional yang sudah memakan asam garam dunia offroad dan rally ini mengatakan bahwa cara paling aman adalah tidak menyalakan mobil terlebih dulu. Coba deh anda check filter udara mobil anda basah nggak, Juga air filter hosenya. Kalau basar artinya air masuk ke intake dan pasti ECU anda basah.

Belum tentu mobil anda ECU nya rusak, tapi sebaiknya mobilnya dibawa kebengkel untuk di check dan ECU Engine Scan. Semua yang basah di keringkan dalam posisi aki negatif dicopot, dilihat modul power steeringnya, ABS dan setelah kering semuanya pasang aki dan mobil kemudian di ECU Engine Scan. Kalau tanda engine check tidak menyala maka mobil tidak mengalami kerusakan.

Suzuki juga memberikan layanan towing gratis bagi para pengendara Suzuki yang terkena Dampak Kebanjiran.

Nah kalau ada informasi yang kurang jelas hubungi kami aja di 08567073151

Leave a Reply

Close Menu
OSAKA JLC - ORD SUZUKI RACING TEAM
Send via WhatsApp
×
×

Cart