Medan Berat Menanti

NAYPYTAW, iNews.id – Para pembalap rally Indonesia yang tergabung dalam tim Indonesia Cross Country Rally Team (IXCR) gagal berprestasi pada ajang Asia Cross Country (AXCR) 2019 Thailand-Myanmar, 11-16 Agustus 2019. Meski begitu, ketua tim Rudy Poa mengaku tetap memetik banyak pelajaran dari hajatan tersebut.

IXCR menurunkan dua pembalap motor yakni aktor ternama Fathir Mochtar dan Rudy yang menunggangi motor KTM 690 Enduro. Sedangkan pengendara mobil, pasangan Memen Harianto dan Rimhalsyah (Jeep Tubular Custom) , serta Wijaya Kusuma dan Lody Natasha (Suzuki Jimny JB33). 

Setelah bersaing melawan pembalap dari 8 negara dari jumlah 65 mobil dan 34 motor, wakil Indonesia gagal membawa piala ke pangkuan Ibu Pertiwi yang baru saja berulang tahun ke-74. Meski demikian, Tim IXCR banyak mendapat pengalaman berharga selama beradu kecepatan dalam kejuaraan rally yang digelar enam leg itu.

Pelajaran Berharga

Salah satu pelajaran yang diambil yaitu persiapan matang pembalap belum cukup tanpa menguji kemampuan mobil. Hal tersebut dirasakan Memen atau Wijaya. Keduanya menggunakan mobil yang baru saja rampung disiapkan. Imbasnya, mobil mengalami kendala setelah melibas atau memasuki lintasan bebatuan dan lumpur selama mentas di AXCR 2019.

“Memang hasil AXCR yang diterima IXCR belum sesuai target. Namun selama mengikuti ajang balap rally ini, para pembalap hingga seluruh bagian tim mendapatkan banyak pelajaran,” kata Rudy dalam rilis yang diterima iNews.id, Senin (19/8/2019).

AXCR edisi kali ini dimulai sejak 11 Agustus dari Pattaya (Thailand)-Nakom Nayok, Nakom Nayok-Kamphaeng Phet, Kamphaeng-Mae Sot, Mae Sot melintasi perbatasan menuju Myanmar, yakni Hpa An, Hpa An-Taungoo, dan finis di Taungoo-Naypyitaw, 16 Agustus.

BACA  JasaMontir.com akan diluncurkan di Januari 2020

AXCR kali ini merupakan tahun ke-24 sepanjang sejarah digelar. Indonesia sudah mengikuti ajang tersebut sebanyak lima kali di nomor motor dan tiga kali untuk mobil.

Selain Fathir dan Rudy, ada ada tiga pembalap motor Indonesia lainnya di luar skuat IXCR, yakni Edi Sudarmadi (Banjarmasin, KTM 500EXC), Heri Cahyono (Malang, KTM 690) Enduro dan Mufti (Bogor, KTM 450EXC).


editor : Haryo Jati Waseso

iNEWS.ID 

AXCR 2019 The Best Experience Ever

Close Menu
OSAKA JLC - ORD SUZUKI RACING TEAM
Send via WhatsApp
×
×

Cart