Membangun mobil rally

Ada dua pendekatan untuk membangun mobil reli: Anda memperoleh kit mobil reli untuk mobil pilihan Anda dan merakit mobilnya, atau Anda merancang mobil sendiri dari model produksi dasar dan membeli komponen individual. Tingkat pengetahuan yang Anda butuhkan akan tergantung pada pendekatan yang Anda ambil.

Membangun mobil reli dari kit akan membutuhkan beberapa keterampilan mekanik, tetapi selain itu Anda harus memiliki pengetahuan tentang penanganan, suspensi, sasis , powertrain, aerodinamika, dan keselamatan. Memahami bagaimana mobil Anda bekerja adalah penting dalam pengaturan, pemecahan masalah dan meningkatkan kinerjanya.

Membangun mobil reli dari mobil donor dasar mendapat manfaat dari pengetahuan canggih tentang semua aspek kendaraan (Penanganan / operasi, suspensi, sasis , powertrain, aerodinamika, dan keselamatan). Dengan pengetahuan yang komprehensif dan studi tentang pembuatan mobil reli yang ada (terutama tingkat atas), Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat tentang cara membuat mobil Anda. Pemilihan komponen itu sendiri akan memiliki pemahaman yang lebih menyeluruh yang memberikan kepercayaan tambahan.

Jika Anda ingin membuat kurva belajar lebih mudah dikelola, disarankan agar calon pembalap memilih kendaraan dasar yang sesuai dan naik ke kelas kompetitif secara lokal menggunakan kendaraan itu sebagai “platform pengembangan” mereka. Banyak buku yang tersedia memberikan dasar untuk pengetahuan yang cukup maju dalam aspek yang disebutkan di atas, sehingga mereka dapat memberikan referensi yang baik di samping pengalaman Anda.

Model Mobil  Rally.

Mobil reli  AP4 harus dibangun dari mobil produksi yang memiliki empat kursi. Mobil kecil seperti Mazda 2, Toyota Yaris dan Hyundai i20 adalah ukuran ideal. Aturan memungkinkan body mobil untuk dimodifikasi menyesuakkan dengan mesin yang akan dipasang dan sistem suspensinya.

Mobil-mobil produksi donor yang digunakan untuk reli telah  hadir selain AP4 untuk asia pasifik maka di eropa ada Peugot 206, VW GolfPeugot 307, KURSI Cordoba, Skoda Fabia, Skoda OctaviaAudi A1, Audi A3, Audi A4, Citroen C4, Citroen DS3, Ford Escort, Ford Focus, Jepang ada Honda Civic, Hyundai Accent, Hyundai i20, Mini, Mitsubishi Lancer, Nissan 240, , Subaru Impreza, Toyota Corolla, plus banyak lagi. Setiap pabrikan besar di seluruh dunia memiliki contoh mobil mereka dalam reli tingkat nasional atau lokal.

Bangun Mobil Rally Anda Sendiri

Tingkat Pengetahuan

Ada dua pendekatan untuk membangun mobil reli: Anda memperoleh kit mobil reli untuk mobil donor pilihan Anda dan merakit mobilnya, atau Anda merancang mobil sendiri dari model produksi dasar dan membeli komponen Sendiri.  

BACA  Camshaft RRP untuk High Performance

Tingkat pengetahuan yang Anda butuhkan akan tergantung pada pendekatan yang Anda ambil.

Membangun mobil reli dari kit akan membutuhkan beberapa keterampilan mekanik, tetapi selain itu Anda harus memiliki pengetahuan tentang penanganan, suspensi, sasis , powertrain, aerodinamika, dan keselamatan. Memahami bagaimana mobil Anda bekerja adalah penting dalam pengaturan, pemecahan masalah dan meningkatkan kinerjanya.

Membangun mobil reli dari mobil donor dasar mendapat manfaat dari pengetahuan canggih tentang semua aspek kendaraan (Penanganan / operasi, suspensi, sasis , powertrain, aerodinamika, dan keselamatan). Dengan pengetahuan yang komprehensif dan studi tentang pembuatan mobil reli yang ada (terutama tingkat atas), Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat tentang cara membuat mobil Anda. Pemilihan komponen itu sendiri akan memiliki pemahaman yang lebih menyeluruh yang memberikan kepercayaan tambahan.

Jika Anda ingin membuat perencanaan membangun mobil agar lebih mudah dikelola, disarankan agar calon pembalap memilih kendaraan dasar yang sesuai dan naik ke kelas kompetitif secara lokal menggunakan kendaraan itu sebagai “platform pengembangan” mereka. 

Banyak buku yang tersedia memberikan dasar untuk pengetahuan yang cukup maju dalam aspek yang disebutkan di atas, sehingga mereka dapat memberikan referensi yang baik di samping pengalaman Anda.

Tantangan Desain

Suspensi: Di dalam peraturan kelas yang akan anda ikuti, maka Anda merancang mobil Anda dengan tujuan berikut:

  1. Lindungi driver dan co-driver
  2. Maksimalkan daya tahan. Aspek-aspek seperti dudukan suspensi, komponen suspensi, pelat skid, dll. Yang berpeluang besar rusak jika tidak sesuai dengan rancangannya. Kelelahan logam juga merupakan masalah pada mobil di mana suspensi mengalami beban kejut berulang.
  3. Maksimalkan cengkeraman dengan meminimalkan bobot suspensi yang tidak terpuntir untuk memungkinkan ban mengikuti permukaan jalan
  4. Maksimalkan daya engine yang dapat digunakan
  5. Maksimalkan daya henti rem
  6. Maksimalkan fleksibilitas tinggi travel  mobil anda (dengan perubahan pada geometri suspensi dipertimbangkan untuk memastikan tambalan kontak ban maksimum di jalan).
  7. Maksimalkan fleksibilitas pengaturan suspensi dengan pegas yang dapat disesuaikan, bilah anti-roll, dan peredam untuk mengelola pemindahan bobot dan kepatuhan suspensi .
  8. Maksimalkan visibilitas (Untuk tahapan malam)

Ada banyak tujuan yang lebih potensial, tetapi idealnya setelah pengemudi dan co-driver percaya diri, memberikan daya tahan mobil, kinerja dan fleksibilitas akan memungkinkan pengemudi untuk mengekstrak maksimal dari itu.

Chasis : Struktur rangka Roll / pengaman kemungkinan akan membantu meningkatkan kekakuan torsi . Meringankan kendaraan dengan menghapus tempat duduk belakang, panel interior dan komponen lainnya mungkin menjadi pilihan. Perubahan pada penempatan komponen (yaitu Baterai) untuk mendistribusikan kembali berat timbangan dapat berjalan seiring dengan penerangan.

BACA  Overseas Training Mechanics

Powertrain: Tergantung pada kelasnya, modifikasi powertrain dapat mencakup perubahan ekstensif pada komponen mesin dan komponen driveline. Tidak peduli apa pun kelasnya, tujuan perubahan powertrain haruslah meningkatkan tenaga kuda yang dapat digunakan dan efisiensi mesin. Ini dapat dicapai melalui penggantian komponen stok untuk peningkatan aliran internal (Intake / knalpot), peningkatan pembakaran, mengurangi gesekan dan melepas / mengganti aksesori perampokan daya. Dalam hal final drive, modifikasi apa pun seperti diferensial selip terbatas yang meningkatkan pengiriman daya ke jalan harus dipertimbangkan.

Aerodinamika: Tergantung pada kelasnya, perangkat aero dan perubahan bodywork untuk meningkatkan aerodinamika mungkin diizinkan. Pengurangan hambatan harus menjadi prioritas karena area depan mobil produksi tidak dapat diubah. Perangkat aero seperti lantai bagian bawah bodi mobil, air dam, sayap (atau spoiler) dan diffuser semuanya dimungkinkan tergantung pada apa yang diizinkan oleh peraturan.

Merancang perangkat aero untuk bekerja bersama dan menyeimbangkan downforce depan / belakang akan memberikan downforce dan stabilitas yang optimal . Merancang dalam penyesuaian untuk menghasilkan berbagai downforce akan memberikan fleksibilitas dalam pengaturan.

Keselamatan: Struktur sel keselamatan dengan kursi / harness balap adalah wajib. Barang-barang keamanan lainnya seperti sel pengaman bahan bakar dan pemadam api juga mungkin diperlukan. Jika struktur sel keselamatan penghuni tidak tersedia di luar rak, struktur tersebut perlu dirancang dan dibuat.

Komunikasi: Meskipun tidak selalu merupakan tantangan desain, komunikasi Driver-to-Co-driver sangat penting. Sistem komunikasi reli yang baik, jelas, pembatalan kebisingan, dan cocok untuk keperluan adalah suatu keharusan.

Jika Anda berniat balapan di bawah badan sanksi, selalu baca dan pahami peraturan kelas balap pilihan Anda sebelum merancang atau membuat kendaraan balap apa pun. 

Sumber Daya Desain

Pelajari dasar-dasar tentang mobil balap dan desain mobil balap dari seri pengetahuan online gratis kami

Unduh alat bantu desain mobil balap gratis kami untuk membantu Anda merancang kendaraan balap Anda.

Buku dan sumber belajar yang mendalam kami rekomendasikan untuk desain mobil Rally .

Bergabunglah dengan forum kami untuk bertanya dan menemukan jawaban untuk pertanyaan desain / konstruksi mobil Rally Anda.

Tantangan Konstruksi

Memiliki ruang yang cukup di sekitar mobil itu penting, karena bengkel yang sempit akan sulit untuk dikerjakan.

Alat untuk memodifikasi mesin, sasis dan bodywork dapat menambah biaya proyek Anda jika Anda belum memiliki bengkel, tetapi meminjam atau menyewa barang juga merupakan pilihan.

Banyak komponen yang diizinkan untuk balap Rally dapat berupa komponen tipe baut dan karena itu berada dalam keterampilan mekanis kebanyakan orang. Tantangan termasuk jumlah komponen yang dapat diubah, dan kesulitan dalam mengubahnya (yaitu Hal-hal seperti pelepasan mesin), yang mungkin memerlukan alat bengkel khusus.

BACA  8 kerusakan yang harus dibawa ke bengkel

Untuk struktur sel keselamatan penghuni yang harus dibuat khusus, ada persyaratan tambahan untuk memasangnya ke dalam kendaraan dan menemukan titik pemasangan yang tidak mengganggu sasis uni-body .

Biaya Bangun 

Biaya kendaraan rally dasar bisa ekonomis jika membeli kendaraan rally bekas hingga 3-4 tahun. Membeli kendaraan bekas yang jauh lebih tua dapat membuka kemungkinan kerusakan korosi dan kelelahan logam. Mobil bekas rally memang akan menawarkan biaya lebih rendah, terutama karena mobil akan menjadi “platform pengembangan” untuk pembangun dan pengemudi. Namun biaya development kembali akan menjadi lebih mahal.

Suku cadang balap akan menambah biaya kendaraan secara signifikan. Membuat mobil menjadi tangguh pada mobil reli sangat penting, (Reinforced) dan ini adalah area di mana bagian-bagian yang terbukti  sangat diperlukan untuk selalu kuat. Selain itu, jika Anda memiliki pengetahuan yang memadai, dimungkinkan untuk memilih area modifikasi yang memberikan nilai maksimum dan menjaga biaya seminimal mungkin.

Upaya Membangun 

Upaya ini tergantung pada jumlah area yang dimodifikasi, yang merupakan alasan bagus untuk memulai reli klub tingkat pemula. (NS)  Jika modifikasi Anda dilakukan sedikit demi sedikit, upaya ini juga dapat anda lakukan dan pengalaman Anda akan tumbuh seiring dengan pengetahuan Anda.

Biaya Balap

Balap reli, karena lingkungan balapnya yang lebih kejam dan merusak, maka rally dapat menghabiskan anggaran yang lebih besar melalui ban rally, pembangunan kembali mesin (refreshment), dan perbaikan kerusakan. Pasti akan besar, setiap sprint rally atau rally pendek saja untuk pendaftaran rata rata 2.5 juta ditambah dengan sewa tenda 1 juta, Biaya Mekanik, selama minimal 5 hari, preparation sebelum dam sesudah, towing car. Biasanya akan menghabiskan biaya sekitar 25 sampai 40 juta sekali rally. 

Transportasi dan Peralatan Pendukung

Untuk menuju lokasi rally biasanya mobil harus di gendong atau menggunakan car carrier dibawa. Untuk misalnya ke Serang maka pengiriman bolak balik 2.4 juta sedangkan meikarta hanya sekitar 1.8 saja.  Kendaraan rally biasanya legalitasnya nggak jelas makanya kendaraan rally biasanya di gendong. Peralatan pendukung biasanya dibawa dalam trailer / kendaraan derek atau kendaraan pendukung pendamping (towing sendiri).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Close Menu
OSAKA JLC - ORD SUZUKI RACING TEAM
Send via WhatsApp
×
×

Cart