8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Jangan coba tangani sendiri
Mobil memang kendaraan yang lebih memerlukan perawatan khusus jika dibandingkan dengan motor. Pasalnya, komponen mobil memang jauh lebih ribet ketimbang motor. Untuk itu, jika suatu saat mobilmu lagi mengalami masalah atau kerusakan seperti dalam daftar berikut ini, jangan sekali-kali berani memperbaikinya sendiri. Bukan tambah ‘sembuh’, yang ada mobilmu bakal tambah rusak! Gak mau kan?

1. Kerusakan pada DVD player atau radio.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Banyak orang beranggapan, saat DVD player atau radio di mobil sedang rusak maka bisa saja langsung memperbaikinya sendiri. Namun, memperbaiki DVD player maupun radio mobil yang rusak sendirian ternyata berisiko, lho!

Soalnya, radio dan DVD player itu berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil. Jadi, kalau kamu gak hati-hati, bukan tak mungkin kerusakan benda ini bisa makin parah.

2. Kerusakan pada timing belt.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Jika terjadi kerusakan pada timing belt alias sabuk yang menghubungkan kruk as dan camshaftmobilmu, maka jangan sekali-kali mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Pasalnya, timing beltadalah komponen penting yang membuat mesin beroperasi setiap harinya.

Kesalahan sekecil apapun yang kamu lakukan saat mencoba mengganti atau memperbaiki timing belt, bisa berakibat buruk dan kerusakan jangka panjang pada mesin mobilmu.

3. Kerusakan pada shockbreaker.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Jangan sekali-kali mencoba untuk memperbaiki shockbreaker mobil yang rusak sendirian atau tanpa bantuan ahli. Pasalnya, kalau kamu salah memasang shockbreaker bisa jadi berpengaruh terhadap sistem keamanan dan rem mobilmu.

Selain itu, mengganti shockbreaker sendirian juga berisiko pada keselamatanmu. Banyak kasus yang menyebutkan jika pemilik mobil yang mencoba memperbaiki sistem shockbreaker sendiri berisiko cedera. Jadi daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka bawa saja mobilmu ke bengkel profesional.

BACA  Bagaimana Membangun Mobil Rally

4. Kerusakan atau retakan pada kaca depan.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Jika ada retak atau kerusakan pada kaca mobil depan, maka usahakan untuk tidak memperbaikinya sendiri. Alih-alih makin kinclong dan bagus, memperbaiki kaca depan yang retak atau rusak dapat menambah kemungkinan keretakan pada kaca makin besar.

 

5. Kerusakan pada radiator.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Kerusakan pada radiator juga gak bisa kamu perbaiki sendiri, lho! Pasalnya, radiator adalah komponen penting dari mesin mobilmu.

Salah memasang radiator, justru bisa menimbulkan kerusakan signifikan pada mobilmu. Gakmau kan mobilmu lebih rusak gara-gara kamu sok-sokan memperbaiki kerusakan.

6. Kerusakan pada fuel pump.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Kalau fuel pump alias pompa bahan bakar mobilmu rusak, jangan sekali-kali memperbaikinya sendiri ya! Soalnya, bagian ini termasuk komponen sensitif pada mobil.

Jadi, jika kamu salah memperbaiki maka bisa jadi kerusakan pada mobil makin parah. Untuk itu, sangat disarankan kamu menyewa jasa seorang montir profesional untuk memperbaiki bagian ini.

7. Kerusakan pada rem.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkelfreeholdsubaru.com

Rem juga merupakan bagian mobil yang sensitif jika tidak diperbaiki dengan benar. Kalau kamu gak punya keahlian khusus, jangan sekali-kali mencoba memperbaikinya. Sistem rem pada mobil itu, soalnya gak cuma masalah bantalan saja. Namun juga ada kaliper, rotor, bantalan roda, dan minyak rem.

8. Kerusakan pada sistem transmisi.

8 Kerusakan Mobil Ini Wajib Dibawa ke Bengkel

Karena sifatnya yang penting, memperbaiki sistem transmisi alias ganti persneling pada mobil (terutama mobil manual) sendiri adalah salah satu langkah paling berisiko. Pasalnya, mengubah cairan transmisi di mobil pun sebenarnya membutuhkan prosedur khusus. Sehingga memperbaiki sistem transmisi mobil tanpa keahlian khusus itu sangat berisiko merusak permesinan mobilmu.

BACA  Camshaft RRP untuk High Performance

Jadi, kalau ada kerusakan pada mobil usahakan untuk langsung membawanya ke bengkel profesional ya! Ketimbang keluarin duit lebih banyak lagi kalau mobilmu tambah rusak setelah coba-coba diperbaiki sendiri.

Table of Contents

OSAKA JLC - ORD SUZUKI RACING TEAM
Send via WhatsApp